Cara-cara budidaya cacing

CARA PEMBUDIDAYAAN


Persiapan: wadah (dapat berupa bak dll), Bibit Cacing dan Makanan/media hidup cacing (kotoran yang telah difermentasikan)
Pemeliharaan cacing tanah dapat dilakukan melalui sistem tebar dalam gundukan atau sistem bak beton yang ditebarkan dengan kepadatan tebar 2 kg cacing tanah untuk tiap meter persegi setebal 15 cm
Masukkan kompos setinggi 15 cm ke dalam kotak Pemeliharaan secara merata.
Tambahkan sedikit air ke dalam media hingga cukup basah dan gembur.
Aduk semuanya hingga tercampur merata. Anda dapat menggunakan sarung tangan yang telah disiapkan jika merasa jijik.
Perlahan masukkan bibit cacing tanah kedalam kotak pemeliharaan. 
Pemeliharaan cacing tanah meliputi penyiraman media jika kelembaban media kurang.
disamping menjaga kelembaban penyiraman juga bertujuan menjaga suhu media.
Pencegahan hama dan pengganggu cacing tanah selama proses pemeliharaan sangat penting untuk diperhatikan.
Pengontrolan kondisi media dapat dilakukan secara teratur sesuai dengan jumlah yang diberikan untuk mengetahui apakah cacing tanah terus memakan media, jika media telah habis dimakan perlu ditambahkan media baru sebagai lapisan tambahan diatas media lama.
Satu minggu sebelum panen, penyiraman diberhentikan dan tidak perlu menambahkan media baru.
Pemanenan dilakukan dengan cara mengeruk permukan media yang telah berubah menjadi kascing. Penyortiran cacing dilakukan secara manual dengan tangan atau ayakan plastik.
Cacing tanah yang telah disortir sementara ditampung dikotak pemeliharaan kesehatan tersendiri sekaligus diberikan pakan.
Kascing yang dihasilkan dapat langsung ditebarkan dilahan pertanian sedangkan kalau tidak langsung ditebarkan dapat dikeringkan untuk mempermudah penyimpanan.
Cara di atas adalah salah satu cara budidaya cacing

4 komentar:

  1. Pak nuno,bagaimanakah cara memfermentasikan kotoran hewan sblum dijadikn media pemeliharaan cacing ??
    Terimkasih atas info nya :-)

    BalasHapus
  2. mohon maaf bagi para pengunjung, apabila sobat memberrikan koment, saya mohon menyebutkan Nama dan Lokasi. trimakasih.

    salah satu cara memfermentasikan kotoran hewan adlah dengan cara, kotor tersut du hambarkan ke lantai lalu di semprot dengan Dekomposer (tempat penfermetasian jangan sampai terkena matahari secara langsung)

    BalasHapus
  3. perkenalkan nama saya Muhamad Nuryadin ( Udin ) mas. saya tinggal di perbatasan Kab. Boyolali dan Kab. Semarang. saya membaca blog jenengan dan banyak ilmu yang saya dapat mengenai cara budidaya cacing. saya tertarik untuk ikut membudidayakan. hanya saya sesara detail belum mengenal karakteristik budidaya ini. Prospeknya, pemasarannya, kendalanya dll. mohon jenengan beri penjelasan terima kasih ya mas.

    BalasHapus
  4. Mas nono alamat nya mana dulu, saya mau studi langsung bisa ngak?

    BalasHapus